December 19, 2018 membaca_buku

INILAH MANFAAT MEMBACA BUKU YANG KAMU PERLU TAHU

“Buku adalah jendela dunia. Buku adalah gudang ilmu.”

Mungkin kita sering menemukan dua ungkapan tersebut. Namun, makna dari pernyataan itu akan menguap sia-sia saat tidak membaca buku. Jika dibiarkan, bukankah segala pesan yang tergurat dalam buku itu tak akan sampai?

Semua ilmu yang sejatinya dapat memperkaya pengetahuan tidak akan ke mana-mana bila hanya tersimpan rapat-rapat dalam halaman demi halaman buku tersebut.

Lebih jauh, membaca buku termasuk salah satu kegiatan yang menghasilkan banyak manfaat bagi para pembacanya. Berikut manfaat membaca buku yang perlu Anda ketahui.

Photo by Corey Blaz on Unsplash
Photo by Corey Blaz on Unsplash

1. Menambah wawasan
Tentu saja dengan banyak membaca buku wawasan kita akan bertambah. Kita dapat mengetahui persoalan-persoalan ataupun kehidupan belahan dunia lain maupun masa lampau meski tidak melihatnya sendiri.

Dengan memiliki banyak ilmu kita tidak akan mudah dibodohi oleh orang lain. Masih ingat kan kata bijak dari Francis Bacon? “Pengetahuan adalah Kekuatan!”

2. Berpikiran terbuka
Orang yang banyak membaca buku akan memiliki pikiran yang luas dan terbuka karena menyerap informasi tidak dari satu perspektif saja. Ia akan selalu melihat sebuah permasalahan dan perbedaan yang ada dengan berbagai sisi, sehingga tidak mengherankan orang yang banyak membaca buku tidak akan mudah menjustifikasi ataupun menyalahkan orang lain.

3. Banyak inspirasi
Kreativitas memerlukan banyak ide-ide yang harus dituangkan dalam bentuk karya. Melalui membaca buku maka kita akan mendapatkkan inspirasi-inspirasi yang akan menjadikan kita produktif.

4. Memiliki hubungan sosial yang baik
Terdapat sebuah penelitian di Amerika Serikat tentang kegemaran orang yang membaca buku. Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang yang banyak membaca buku akan memiliki kepedulian sosial atau rasa empati yang lebih tinggi. Orang yang peduli terhadap orang lain akan selalu disenangi teman-temanya.

5. Melatih kemampuan berpikir
Otak ibarat sebuah pedang, semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya jika tidak diasah, juga akan tumpul.
Apakah alat yang efektif untuk mengasah otak?

jawabannya adalah membaca. Menurut Astri Novia (2010) pilihlah satu jenis buku yang Anda sukai, apakah literature klasik, fiksi ilmiah, atau buku pengembangan diri. Dengan cara ini otak akan bertambah kuat. Bacalah buku sebanyak mungkin. Menurut para ahli, keuntungan dari membaca buku dapat memberikan dampak yang menyenangkan bagi otak kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata.

6. Meningkatkan Pemahaman
Contoh nyata dari manfaat ini banyak dirasakan oleh siswa maupun mahasiswa. Di mana membaca dapat meningkatkan pemahaman dan memori, yang semula tidak mereka mengerti menjadi lebih jelas setalah membaca. Logika sederhana saja, tidak mungkin siswa atau mahasiswa memahami materi pelajaran/kuliah kalau mereka tidak membaca. Dari sini jelas bahwa membaca sangat berperan dalam membantu seseorang untuk meningkatkan pemahamannya terhadap suatu bahan/materi yang dipelajari.

7. Mendukung kemampuan berbicara di depan umum
Membaca adalah aktivitas yang akan membuka cakrawala dan pengatahuan anda terhadap dunia. Terbatasnya jangkauan diri kita terhadap peristiwa-peristiwa di dunia, hanya bisa dijangkau dengan membaca. Selain mendapatkan informasi tentang berbagai peristiwa, membaca juga mampu meningkatkan pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal, karena membaca akan memperkaya kosa kata dan kekuatan kata-kata. Meningkatnya pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal akan sangat mendukung dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.

8. Meningkatkan Konsentrasi
Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.

9. Sarana Refleksi dan Pengembangan Diri
Kita dapat mengetahui pemikiran seorang pengusaha atau seorang trainer tanpa kita harus menjadi pengusaha atau trainer. Artinya kita bisa mempelajari bagaimana cara orang lain dalam mengembangkan diri. Ini penting bagi kita sebagai bahan pertimbangan atau pembanding sebelum kita melakukan suatu hal.

10. Memiliki imajinasi tinggi
Berbeda ketika menonton televisi dimana kita dapat melihat gambar-gambar yang ditampilkan. Membaca tidak menampilkan gambar-gambar yang bergerak sehingga pikiran kitalah yang harus bermain. Dengan begitu maka otak kita akan diajak untuk berimajinasi dan mebayangkan informasi ataupun cerita-cerita yang disajikan dalam setiap bacaan.

11. Mengembalikan mood untuk beraktivitas
Dalam keseharian kita tentunya dituntut untuk menyelesaikan berbagai hal, mulai dari pekerjaan di kantor, tugas sekolah, maupun aktivitas lainya. Dengan membaca buku maka kita akan melakukan rehat sejenak untuk menenangkan pikiran sambil menggali informasi-informasi baru dari bacaan.

12. Memudahkan dalam menulis
Semakin banyak kita membaca buku maka akan semakin banyak pula inspirasi dalam menulis yang dapat kita temukan. Selain itu dengan membaca buku akan menambah pembendaharaan kosa kata yang pastinya akan membantu kita dalam hal kepenulisan. Semakin banyak kita membaca maka semakin banyak pula hal yang dapat kita tulis.

13. Meningkatkan Kecerdasan
“The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you’ll go”. Seperti yang dituliskan Dr. Seuss, membaca buku sebanyak-banyaknya dapat memperluas pengetahuan dan mendatangkan banyak pembelajaran baru dalam hidup seseorang. Selain itu, membiasakan diri untuk membaca sejak dini dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. Peneliti Anne Cunningham dan Keith Stanovich menyatakan bahwa kebiasaan membaca sejak kecil diperkirakan mampu memengaruhi kuantitas membaca seseorang dari tahun ke tahun. Dengan tingginya jam terbang dalam membaca, seseorang dapat memperkaya kosakata dan kemampuan membacanya. Menurut penelitian lain dari University of Edinburgh dan King’s College London, kemampuan membaca yang sudah dibangun dari usia belia tersebut mampu meningkatkan kecerdasan secara keseluruhan.

14. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi
Sama halnya dengan tubuh yang membutuhkan olahraga agar tetap bugar, otak manusia juga perlu berolahraga untuk mempertahankan fungsinya. Otak manusia sendiri memiliki beberapa fungsi kognitif, seperti kemampuan daya ingat dan konsentrasi. Lalu, apa olahraga yang dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan kedua fungsi kognitif dari otak tersebut?

Menurut jurnal penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology, membaca buku mampu melatih daya ingat dan konsentrasi seseorang. Well, olahraga yang sederhana bukan? Dengan membaca buku secara rutin, otak distimulasi untuk terbiasa mengolah pikiran dan memori, serta fokus terhadap suatu hal selama beberapa waktu. Let’s save our some time to read!

15. Mencegah Penyakit Alzheimer
Penurunan kemampuan mental rentan menyerang para lanjut usia. Salah satunya adalah Alzheimer atau penyakit pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat dan fungsi kognitif seseorang. Perlu diketahui jika sampai saat ini belum ada obat penawar bagi penyakit Alzheimer. Kabar baiknya, Alzheimer bisa dicegah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rush University Medical Centre, aktivitas sehari-hari sangat berpengaruh terhadap fungsi kerja otak sehingga tidak bisa disepelekan begitu saja. Aktivitas sehari-hari tertentu diketahui dapat mengurangi penurunan kemampuan mental seperti Alzheimer pada 32 persen penderitanya. Guess what? Salah satu aktivitas yang dapat mencegah Alzheimer adalah membaca buku loh!

16. Menumbuhkan Rasa Empati
Empati merupakan kemampuan seseorang untuk menyelami pemikiran dan keadaan emosional orang lain. Dengan rasa empati, seseorang turut merasakan apa yang sedang dirasakan dan dialami individu lainnya. Selain dapat membangun suatu relasi dan tenggang rasa yang lebih baik dengan orang lain, empati juga mampu menciptakan kehidupan yang tenteram. Lantas, bagaimana cara menumbuhkan empati?

Ada berbagai cara untuk membangun rasa empati. It turns out that reading books is one of those. Hasil penelitian dari The New School for Social Research menyebutkan bahwa dengan membaca buku—terutama fiksi—dapat membantu seseorang untuk memahami apa yang dipikirkan orang lain dari emosi yang disajikan.

17. Mengurangi Stres
Stres dapat menghampiri kapan saja. Dunia kerja yang penuh tekanan, macet di mana-mana, masalah keluarga, atau bahkan hal-hal sepele bisa jadi penyebab. Dampaknya pun tidak baik untuk seseorang yang mengalami stres. Menurut jurnal pernelitian yang diterbitkan oleh National Academy of Sciences, stres ringan saja dapat merusak pengendalian emosi seseorang. Oleh karena itu, berbagai aktivitas menyenangkan dipilih untuk meneduhkan stres yang memiliki dampak buruk.

Mungkin sebagian orang cenderung menonton film, jalan-jalan, atau mendengarkan musik untuk mengusir penat. Namun, membaca jadi kegiatan yang berpengaruh signifikan dalam menghilangkan stres. Para peneliti dari University of Sussex mengungkapkan jika level stres dapat berkurang hingga 68 persen hanya dengan meluangkan enam menit membaca.

Hal ini dikarenakan segala imajinasi yang muncul ketika membaca buku mampu mengajak para pembacanya untuk melupakan sejenak stres yang sedang dialami. Seperti kata Neil Gaiman, “Books make great gifts because they have whole worlds inside of them”.

18. Memperpanjang Hidup
Ada fakta menarik lainnya terkait manfaat membaca. Berdasarkan penelitian dari Yale University’s School of Public Health, mereka yang meluangkan waktu untuk membaca buku memiliki kesempatan hidup lebih lama. Diperkirakan bahwa hanya dengan 3,5 jam membaca buku setiap minggunya, pembaca dapat memperpanjang hidupnya selama 23 bulan. Perlu digarisbawahi, peneliti menemukan bahwa buku yang lebih berpengaruh.

Mengapa buku? Bagaimana dengan koran atau majalah? Well, salah satu peneliti yakni Avni Bavishi, mengatakan jika buku lebih mengikat dan mudah membaur dengan pikiran para pembaca. Apa yang diceritakan dalam buku menyajikan lebih banyak manfaat kognitif sehingga mampu memperpanjang masa hidup pembacanya. Unbelievable!

Jadi, sudah kah anda membaca buku hari ini?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

silahkan bertanya kepada kami. kami siap membantu anda

HUBUNGI CUSTOMER SERVICE